Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Kebutuhan | Faktor dan macam-macam Kebutuhan

Hai,. mas khoirul disini. hari ini admin akan membahas tentang pengertian Kebutuhan – Kebutuhan memang tidak dapat dipuaskan kenapa dikatakan tidak dapat dipuaskan? karena Kebutuhan muncul dari tuntutan fisik dan psikis agar dapat hidup layak sebagai manusia, sehingga kebutuhan manusia menjadi sangat beraneka ragam dan sering tidak dapat dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas.  



Pengertian Kebutuhan Secara umum adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, pengertian kebutuhan adalah segala sesuatuyang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupunya dalam rangka mencapai kemakmuran. 

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan

Kebutuhan manusia terus meningkat dan berubah karena disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
- Sifat Alami Manusia.
- Tingkat pendapatan.
- Tingkat pendidikan.
- Kemajuan Teknologi Informas.i
- Agama dan Kepercayaan.
- Jumlah Penduduk.
- Iklan atau promosi produk.

Macam-macam Kebutuhan:

Menurut Intensitasnya atau kepentingannya:
a. Kebutuhan Primer
b. Kebutuhan Sekunder
c. Kebutuhan Mewah/ Tersier


Menurut Waktu Pemenuhannya:
a. Kebutuhan sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan harus didahulukan. Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda atau bersifat mendesak. Misalnya manusia membutuhkan obat di saat sakit, payung di saat hujan, dan makanan ketika merasa lapar.

b. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Misalnya, kebutuhan untuk memiliki rumah sendiri danpendidikan anak. Pemenuhan kebutuhan masa depan biasanya dilakukan dengan menabung.

c. Kebutuhan yang tidak tentu waktunya/ tidak terduga
Kebutuhan tak tentu adalah kebutuhan yang terjadi tiba-tiba dan bersifat insidental (kadang-kadang terjadi). Misalnya, kebutuhan berupa bantuan untuk saudara yang tertimpa musibah dan biaya pengurusan kecelakaan.

d. Kebutuhan sepanjang waktu
Kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan yang memerlukan waktu yang lama dan boleh dikatakan sepanjang waktu. Misalnya, kebutuhan menuntut ilmu atau blajar. Saat ini, belajar atau mencari ilmu merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dan diperlukan sepanjang hidupnya. Untuk itu, manusia membutuhkan pendidikan.

Menurut Sifatnya:
a. Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang dimanfaatkan untuk keperluan jasmani seperti menjaga, melindungi, memelihara, mengembangkan, dan membangun pertumbuhan jasmani manusia. Kebutuhan jasmani disebut juga kebutuhan lahiriah atau kebutuhan material, contohnya makan, minum, olahraga, kendaraan, dan peralatan ruah tangga.

b. Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dapat memberikan rasa puas pada diri seseorang sehingga dapat memberi rasa damai, kagum, tentram, dan lain-lain. Kebutuhan rohani disebut juga kebutuhan batiniah atau kebutuhan immaterial.  Contohnya kebebasan beribadah, menonton, berlibur, menuntut ilmu, bertamasya, dan mendengarkan musik.

Menurut Subjeknya:
a. Kebutuhan Pribadi
Kebutuhan Pribadi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi secara perorangan atau individu. Kebutuhan ini berhubungan dengan selera dan pilihan. Contohnya sikat gigi, pakaian, buku, tas, sepatu, makanan, minuman, dan sebagainya.

b. Kebutuhan Sosial
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang harus dipenuhi berdasarkan kepentingan bersama dalam masyarakat. Jadi, kebutuhan tersebut dipenuhi bersama-sama. Contohnya kelas, lapangan sepak bola, jalan raya, angkutan umuum, tempat hiburan, dan sebagainya.

Jenis-jenis Benda/ Alat Pemuas Kebutuhan

Menurut kelangkaanya:
a. Benda bebas/ nonekonomi
Benda bebas/ nonekonomi adalah benda yang jumlahnya tidak terbatas sehingga untuk mendapatkannya tidak diperlukan pengorabanan/ biaya. Contohnya udara, sinar matahari, air hujan, dan sebagainya.

b. Benda ekonomi
Benda Ekonomi adalah benda-benda yang jumlahnya terbatas atau sudah diolah/ ditangani manusia sehingga untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan/ biaya. Contohnya pakaian, kendaraan, alat tulis, dan sebagainya. Barang ekonomi akan semakin mempunyai nilai yang tinggi, jika barang tersebut semakin langka (jumlahnya sedikit). Misalnya, emas mempunyai nilai dan harga yang mahal dibandingkan dengan roti, karena emas lebih langka dibandingkan dengan roti.


Menurut Cara penggunaanya:
a. Barang Substitusi.
Barang Substitusi adalah barang yang dapat menggantikan fungsi/ kegunaan barang lain secara sempurna, artinya bila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang yang lainnya. Misalnya baju dengan kaus, teh dengan kopi, mobil dengan sepeda motor, dan kompor dengan tungku.

b. Barang Komplementer
Barang Komplementer adalah barang yang dalam penggunaanya saling melengkapi dengan barang lain atau akan lebih berguna apabila digabungkan dengan barang lain. Jika barang tersebut diguanakan sendirian, maka barang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal atau bahkan tidak dapat digunakan. Misalnya baju dengan celana, kopi dengan gula, mobil dengan bensin, dan kompor dengan minyak tanah.

Menurut Kesiapan Penggunaan / proses pembuatannya:
a. Bahan mentah
Bahan Mentah adalah bahan baku yang belum mengalami pengolahan sehingga belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bahan baku pada umumnya terdiri dari hasil tambang seperti minyak bumi, bijih besi bijih emas, dan sebagainya, atau dapat juga berupa hasil perkebunan dan pertanian seperti padi, jagung, bijih  kopi, tembakau, dan sebagainya. Agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, maka bahan mentah harus diolah/ diproses.

b. Barang setengah jadi
Barang Setengah Jadi adalah barang yang sudah diproses, tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memerlukan proses lebih lanjut. Misalnya, beras yang berasal dari padi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia (makan), beras tersebut harus diproses lebih lanjut, yaitu dimasak agar menjadi nasi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, yaitu makan.

c. Barang jadi
Barang Jadi adalah barang yang telah diproses secara tuntas sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya pakaian yang telah diproses dari kapas menjadi benang, dari benang menjadi kain, dari kain menjadi pakaian.

Menurut tujuan penggunaanya:
a. Benda produksi
Benda Produksi adalah benda atau alat-alat yang digunakan untuk menghasilkan benda lain, yang akan digunakan  untuk memenuhi kebutuhan. Benda ini tidak dapat langsung memenuhi kebutuhan karena benda ini akan digunakan untuk menghasilkan benda lain. Contohnya traktor, mesin jahit dan sebagainya.

b. Benda konsumsi
Konsumsi adalah suatu kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen. Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya, sehingga tercapai tingkat kemakmuran.
Dalam pengertian ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen.
suatu kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa unt Pengertian Konsumsi

Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya sehingga tercapai tingkat kemakmuran. Denan adanya lapisan masyarakat yang berbeda-beda, tujuan konsumsi juga berbeda. Pada masyarakat tradisional yang ditandai dengan peradapban yang belum maju dan kebutuhan masih sederhana, kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mepertahankan kelangsungan hidup. Sedangkan pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah berubah bahkan hanya sekedar mempertahankan hidup, tetapi lebih banyak diarahakan untuk kepentingan kesenangan dan prestise (harga diri).
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi.
Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:
1. Pendapatan.
2. Perkiraan harga di masa mendatang.
3. Harga barang yang bersangkutan.
4. Barang substitusi dan Komplementer.
5. Iklan.
6. Ketersediaan Barang dan Jasa.
7. Selera.
8. Mode.
9. Jumlah keluaraga.
10. Lingkungan Sosial Budaya.

Kegunaan benda/ alat pemus kebutuhan:

a. Element utiliti/ kebutuhan elemen
b. Time utility/ Kebutuhan waktu
c. Place utility/ kebutuhan tempat
d. From utility/ kebutuhan bentuk
e. Ownership utility/ kebutuhan hak milik

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Kebutuhan semoga dapat menambah wawasan kita.
Sumber https://www.temukan pengertian .com/


Post a Comment for "Pengertian Kebutuhan | Faktor dan macam-macam Kebutuhan"