Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KD INFORMATIKA KELAS 10 TERBARU DAN LENGKAP DENGAN KI

KD MAPEL INFORMATIKA KELAS 10

Hai semua!! Selamat datang di blog maskhoirul, Kali ini admin akan membahas KD Mapel informatika kelas 10. Bagi guru maupun peserta didik perlu untuk  memahami KD, karena kita bisa tahu materi apa yang harus kita pelajari terlebih dahulu. Keuntungan Guru yaitu KD bisa berhuna untuk acuan pembuatan RPP.

 


Berikut ini admin bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum terbaru untuk Kelas 10 SMA/MA/SMK. Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word. Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan. Semoga blog ini tetap menjadi tempat belajar kalian.


Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3. Memahami, menerapkan,

menganalisis pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural berdasarkan

rasa ingintahunya tentang ilmu

pengetahuan, teknologi, seni, budaya,

dan humaniora dengan wawasan

kemanusiaan, kebangsaan,

kenegaraan, dan peradaban terkait

penyebab fenomena dan kejadian,

serta menerapkan pengetahuan

prosedural pada bidang kajian yang

spesifik sesuai dengan bakat dan

minatnya untuk memecahkan

masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji

dalam ranah konkret dan ranah

abstrak terkait dengan

pengembangan dari yang

dipelajarinya di sekolah secara

mandiri, bertindak secara efektif dan

kreatif, dan mampu menggunakan

metode sesuai kaidah keilmuan.

 

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar

Teknologi Informasi dan Komunikasi

3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar

aplikasi office (pengolah kata, angka,

presentasi).

4.1.1 Membuat laporan yang

membutuhkan integrasi objek

berupa teks, data dalam bentuk

angka maupun visualisasi

chart/grafik, gambar/foto.

 

4.2.1 Memakai fitur lanjut aplikasi office.

Teknik Komputer

3.2.1 Memahami interaksi antara

perangkat keras, perangkat lunak

dan pengguna.

 

3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan

terkait penggunaan komputer yang

lebih kompleks dari sebelumnya.

4.2 Melakukan interaksi (transfer data,

tethering) antara dua atau lebih

perangkat yang berbeda.

Jaringan Komputer/Internet

3.3 Mengenal jaringan komputer lebih

teknis.

4.3.1 Menjelaskan komponen jaringan

dan mekanisme yang terjadi dalam

sebuah jaringan.

 

4.3.2 Menjelaskan jenis-jenis jaringan

komputer

Analisis Data

3.4 Memahami bahwa data dapat

dikoleksi secara kontinyu dan

otomatis melalui berbagai perangkat.

4.4 Melakukan berbagai cara

pengumpulan data yang dijelaskan di

kelas

3.5 Memahami aspek privasi dalam

pengumpulan data.

4.5 Mengambil dan mempublikasi data

dengan memerhatikan aspek privasi.

memanfaatkan fitur visualisasi dari

pengolah angka

3.6 Memahami data yang terkumpul

dalam jumlah besar yang dapat

ditransformasi, digeneralisasi,

disederhanakan.

4.6 Memroses data dengan fitur lanjut

pemroses angka.

3.7 Mengenal berbagai cara visualiasi

data.

4.7 Memvisualisasikan data dalam

jumlah besar serta memberikan

interpretasi yang berdasarkan

penalaran dan prediksi data dengan

Algoritma dan Pemrograman

3.8.1 Mengenal notasi algoritma.

 

3.8.2 Mengenal struktur/templates

program dalam bahasa yang

diajarkan.

 

3.8.3 Memahami variabel, value,

konstanta, ekspresi dan instruksi

input/output.

 

3.8.4 Memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop.

 

3.8.5 Memahami struktur data dasar

(array sederhana).

4.8.1 Menulis program sederhana

dengan satu program utama yang

memakai salah satu atau gabungan

dari pengetahuan 3.8.1 sampai

dengan 3.8.5

 

4.8.2 Mengkombinasikan struktur

kontrol dan mengetahui akibatnya,

berdasarkan dengan pengathuan

3.8.1 sampai dengan 3.8.5

Dampak Sosial Informatika

3.10.1 Mengenal Aspek sosial dari

penggunaan komputer.

 

3.10.2 Mengetahui bahwa rancangan dan

penggunaan teknologi dapat

memperbaiki kualitas hidup atau

memperburuk, bahkan

memperlebar kesenjangan untuk

mengakses informasi.

4.10 Menunjukkan dan menjelaskan

kasus-kasus sosial dari

implementasi produk TIK yang

menimbulkan dampak positif

dan/atau negatif.

Berpikir Komputasional (Tematis)

3.11 Computational Thinking untuk

menyelesaikan persoalan yang

lebih kompleks dari sebelumnya,

yang membutuhkan dekomposisi,

abstraksi dan representasi data,

serta berpola.

4.11 Memecahkan persoalan agak

kompleks yang membutuhkan

dekomposisi, abstraksi dan

representasi data serta berpola.

Praktik Lintas Bidang (Tematis)

3.12 Cross-Cut Component, Capstone

(Integrasi pengetahuan dan

keterampilan), Praktek

4.12.1 Membina Budaya kerja masyarakat

digital dalam tim yang inklusif.

 

4.2.2 Berkolaborasi untuk melaksanakan

tugas dengan tema komputing.

 

4.12.3 Mengenali dan mendefinisikan

Persoalan yang pemecahannya

dapat didukung dengan komputer.

 

4.12.4 Mengembangkan dan

menggunakan abstraksi.

 

4.12.5 Mengembangkan Artefak

komputasional (produk TIK): Siswa

mampu membuat program

sederhana untuk menunjang

komputasi yang dibutuhkan di

pelajaran lain.

 

4.12.6 Mengembangkan rencana

pengujian, Menguji dan

mendokumentasikan hasil uji

artefak Komputasional (produk

TIK).

 

4.12.7 Mengkomunikasikan suatu proses,

fenomena, solusi TIK dengan

mempresentasikan, memvisualisasikan serta

memerhatikan Hak kekayaan

intelektual.


Demikianlah postingan admin mengenai KI KD Informatika Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Maaf jika anda ingin mengopy postingan ini tidak bisa, jika ingin mengopy atau mina filenya langsung bisa tulis di kolom komentar, maka saya akan memberikannya.

Post a Comment for "KD INFORMATIKA KELAS 10 TERBARU DAN LENGKAP DENGAN KI"