Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOAL PAS USHUL FIKIH KELAS 10 (X) SMA / SMK / MA SEMESTER 1 (GANJIL) DAN PEMBAHASAN

 


SOAL PAS USHUL FIKIH  KELAS 10 (X) SMA / SMK / MA SEMESTER 1 (GANJIL) DAN PEMBAHASAN.

 

Mas Khoirul- PAS merupakan ujian yang dinantikan peserta didik untuk meraih nilai raport yang diinginkan. Mas Khoirul memberikan latihan soal-soal PAS dan Simak pembahasan KUNCI JAWABAN SOAL PAS USHUL FIKIH KELAS 10 (X) SMA / SMK / MA SEMESTER 1 (GANJIL).

Adapun soal adalah untuk latihan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) materi USHUL FIKIH Kelas 10 (X) SMA / SMK / MA Semester 1 (Ganjil).

Kunci jawaban dapat dijadikan sebagai Referensi Bahan Belajar bagi peserta didik, guru dan orang tua dalam membimbing anak-anak peserta didik.

Sementara soal yang disajikan dalam bentuk Pilihan Ganda dan Essay.

Soal dan jawaban dapat menjadi pedoman orangtua, guru dan wali murid dalam membimbing siswa dalam belajar.

Berikut pembahasan soal PAS untuk siswa Kelas 10 (X) SMA / SMK / MA pelajaran USHUL FIKIH_, dan pembahasan ada dibawah sendiri!

 

 

1. Kata ushul fikih terdiri dari dua kata yaitu ushul dan fikih. Adapun pengertian dari kata ushul menurut etimologi (bahasa) adalah….

A. Faham

B. Suatu pondasi

C. Sesuatu yang di jadikan pegangan

D. Dasar (fundamental) yang di atasnya dibangun sesuatu

E. Kaidah-kaidah yang dijadikan sarana (alat) untuk menggali hukum-hukum fikih

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

2. Ushul fikih adalah kaidah-kaidah yang dijadikan sarana (alat) untuk menggali hukum-hukum fikih. Pengertian tersebut adalah menurut pendapat….

A. Al-Syatibi

B. Fathi Ad-Duraini

C. Manna Al-Qaththan

D. Muhamad Mustafa Az-Zuaili

E. Syaikh Kamaluddin Ibn Himan

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

3. Ilmu yang membahas kaidah-kaidah yang digunakan untuk merumuskan hukum syara‟ dengan menggunakan dalil-dalil yang rinci adalah merupakan ilmu….

A. Fikih

B. Ijtihad

C. Ushul fikih

D. Syari‟at Islam

E. Kemaslahatan

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

4. Dalil-dalil syara‟ yang bersifat umum (global) ditinjau dari ketetapannya terhadap hukum syara adalah merupakan….

A. Obyek ilmu fikih

B. Tujuan ilmu fikih

C. Obyek ilmu ushul fikih

D. Tujuan ilmu ushul fikih

E. Kegunaan ilmu ushul fikih

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

5. Ushul fikih adalah sebagai cara untuk mengetahui dalil-dalil fikih secara global, cara menggunakan dan keadaan orang yang menggunakannya. Pengetian tersebut adalah merupakan pendapat dari….

A. Imam Maliki

B. Imam Syafi‟i

C. Imam Hanafi

D. Imam Ghazali

E. Abdul Wahab Khalaf

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

6. Obyek pembahasan dari ushul fikih adalah….

A. Hakim

B. Hukum syara‟

C. Dali-dalil yang terinci

D. Perbuatan orang mukallaf

E. Metode penetapan hukum

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

7. Hubungan antara ushul fikih dengan fikih dapat dilihat pada pernyataan sebagai berikut….

A. Menghindarkan kerancauan berfikir

B. Menghindarkan kesalahan memahami nash

C. Fikih memiliki arti sama dengan ushul fikih

D. Ushul fikih adalah teori yang dibentuk dari fikih

E. Menghindarkan kesalahan mengistinbatkan hukum

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

8. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan dari mempelajari ushul fikih adalah….

A. Menghindari taklid

B. Memahami hukum-hukum syara‟

C. Memahami sumber-sumber hukum

D. Menimbulkan fanatisme bermadzhab

E. Menumbuhkan kemampuan berijtihad

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

9. Ilmu ushul fikih mulai tumbuh berkembang pada….

A. Abat ke dua hijriyah

B. Abat ke tiga hijriyah

C. Abat ke satu hijriyah

D. Abat ke lima hijriyah

E. Abat ke empat hijriyah

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

10. Orang yang pertama kali menyusun ilmu ushul fikih dalam satu disiplin ilmu tersendiri adalah….

A. Al-Muradi

B. Al-Ghazali

C. Abu Yusuf

D. Asy-Syafi‟i

E. Abu Hanifah

 

11. Pendapat yang menetapkan Imam Syafi‟i adalah sebagai orang pertama yang membukukan ilmu ushul fikih adalah pendapat dari….

A. Fuqaha Imam Maliki

B. Fuqaha Imam Hanafi

D. Fuqaha Imam Dhahiri

D. Fuqaha Imam Hanbali

E. Jumhur (mayoritas) Fuqaha

 

12. Kitab ushul fikih Ar-Risalah adalah merupakan karangan dari….

A. Imam Maliki

B. Imam Syafi‟i

C. Imam Hanafi

D. Imam Hanbali

E. Imam Ghazali

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

13. Pada abat ke 3 H, ushul fikih memiliki peranan penting dalam perkembangan fikih, yaitu….

A. Membuka pintu ijtihad bagi setiap muslim

B. Menjadi media penting dalam memahami Al-Qur‟an

C. Menimbulkan perdebatan dalam masalah-masalah furu‟

D. Memberikan ruang untuk berpendapat bagi setiap orang yang mepelajari fikih

E. Menjadi landasan ijtihad para mujtahid dalam istinbat hukum dari Al-Qur‟an dan

As-Sunnah

 

14. Metode-metode penggalian hukum syara‟ yang dilakukan oleh Imam Syafi‟i secara berutan adalah….

A. Al-Qur‟an

B. Al-Qur‟an dan Hadits

C. Al-Qur‟an, Hadits dan Ijma‟

D. Al-Qur‟an, Hadits, Ijma‟ dan Qiyas

E. Al-Qur‟an, Hadits, Ijma‟shahabi, Istihsan dan „Urf

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

15. Kitab Al Muwatha‟ adalah merupakan peninggalan karya tulis besar dari….

A. Imam Maliki

B. Imam Syafi‟i

C. Imam Hanafi

D. Imam Dhahiri

E. Imam Hanbali

 

16. Ilmu ushul fikih mulai keliahatan tumbuh berkembang pada abat….

A. Ke dua hijriyah

B. Ke tiga hijriyah

C. Ke satu hijriyah

D. Ke lima hijriyah

E. Ke empat hjiriyah

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

17. Golongan yang banyak menggunakan logika di dalam menetapkan hukum yang tidak disebutkan secara sharih dalam nash dinamakan….

A. Ahl al-ra‟yi

B. Ahl al-naqli

C. Ahl al-fatwa

D. Ahl al hadits

E. Ahl al-dzimmah

 

18. Menurut bahasa Arab, “madzhab” dari akar kata fiil madhy “dzahaba” (ذهب ) yang bermakna?

A. Hilang

B. Datang

C. Pergi

D. Mendekat

E. Tempat

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

19. Madzhab adalah kumpulan pendapat mujtahid yang berupa hukum-hukum Islam, yang digali dari dalil-dalil syariat yang rinci serta berbagai kaidah (qawa‟id) dan landasan (ushul) yang mendasari pendapat tersebut, yang saling terkait satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Merupakan rumusan istilah madzab yang di paparkan oleh

A. M. Husain Abdullah

B. Hasan

C. Imam Hanafi

D. Imam Husain

E. Abdullah

 

20. Yang dimaksud dengan mazhab adalah pokok pikiran atau dasar yang digunakan oleh Imam mujtahid dalam memecahkan cakupan masalah antara lain:

a. Tatanan cara ibadah yang rinci

b. Syarat dan rukn ibadah yang rinci

c. Menggali hukum yang belum rinci

d. Sumber hukum islam yang rinci

e. Hukum-hukum Islam dari dalil-dalilnya yang rinci

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

21. Pada zaman Rosulullah belum muncul mazab mazab fikih, bagaimana cara masyarakat pada masa itu menyelesaikan problematika fikih bila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang terjadi

A. Mereka langsung melaporkan masalah tersebut kepada Rosulullah.

B. Mereka melakukan ijtihad sendiri

C. Melakukan pemikiran dengan Qiyas

D. Ber ijtihad langsung dengan Al-Qur‟an

E. Dengan Ber Qolwat

 

22. Di masa tabi‟in, terjadi suatu permasalahan perbedaan pendapat :dimana pada masa Rosulullah belumpernah terjadi yaitu. Dalam kasus iddah wanita hamil karena berzina, bahwa wanita hamil karena berzina tetap ada iddahnya, karena iddah itu karena Istibro‟ (membersihkan Rahim) merupakan pendapat

a. Imam Sufyan as Sauri

b. Imam Hasan basri

c. Said ibn Musayyib

d. Urwah ibn Zubair

e. Qasim ibn Muhammad

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

23. Imam Abu Hanifah, yang dikenal dengan sebutan Imam Hanafi. Beliau digelari dengan nama Abu Hanifah yang berarti suci dan lurus, karena sejak kecil beliau dikenal dengan kesungguhannya dalam beribadah, berakhlak mulia, serta menjauhi perbuatan-perbuatan dosa dan keji. Dan mazhab fiqihnya dinamakan Mazhab Hanafi. Beliau lahir di Irak pada tahun

a. 50 Hijriah/669 M

b. 60 Hijriah/679 M

c. 70 Hijriah/689 M

d. 80 Hijriah/699 M

e. 90 Hijriah/709 M

 

24. Malik bin Anas bin Malik, Imam maliki di lahirkan di Madinah al Munawwaroh mengenai masalah tahun kelahirannya terdapat perbedaaan riwayat menurut imam al-Dzahabi meriwayatkan imam malik dilahirkan

a. 90 H

b. 80 H

c. 94 H

d. 95 H

e. 85 H

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

25. Mazhab Syafi‟i didirikan oleh Abu Abdullah Muhammad bin ldris as-syafi‟i. Ia pergi ke Madinah dan berguru fiqh kepada Imam Malik bin Anas. Ia menghafal kitab yang di pelajarinya dalam 9 malam. kitab apa yang di pelajari tersebut

a. Al-Muwattha‟

b. Al-Hukmu

c. Al-umm

d. Al-Muktashar

e. Al-Hawi al Kabir

 

26. Para ulama berbeda pendapat tentang wanita hamil atau wanita menyusui apakah wajib puasa atau tidak ? Jika tidak wajb, apakah mengqodho puasanya ataun membayar fidyah. bahwa Wanita hamil dan menyusui boleh tdak berpuasa, akan tetapi keduanya hanya membayar fidyah, adalah pendapat

A. Imam Syafii

B. Imam Abu Hanifah

C. Imam Malik

D. Imam Ahmad

E. Imam Abu Daud

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

27. Wanita Hamil dan Menyusui boleh tidak berpuasa akan tetapi keduanya wajib membayar qodho dan membayar fidyah adalah pendapat mazhab

a. Imam Syafii

b. Imam Abu Hanifah

c. Imam Malik

d. Imam Ahmad

e. Imam Daud

 

28. Ada beberapa mazhab lain yang terkenal yang muncul pada abad 2 sampai dengan 3 hijriyyah antara lain

a. Madzhab Ibnu sirin

b. Madzhab Hanafi

c. Madzhab Syafi‟i

d. Madzhab Hambali

e. Madzhab Malimi

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

29. Berpendapat bahwa wanita hamil dan menyusui wajib berpuasa adalah pendapat

a. Mazhab Imam Syafii

b. Mazhab Imam Abu Hanifah

c. Mazhab Imam Malik

d. Mazhab Imam Ahmad

e. Mazhab zhohiriyyah

 

30. Berpendapat bahwa Wanita hamil dan Menyusui boleh tidak berpuasa, akan tetapi keduanya hanya wajib membayar qodho saja adalah pendapat

a. Imam Syafii

b. Imam Abu Hanifah

c. Imam Malik

d. Imam Ahmad

e. Imam Daud

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

31. Sebuah bentuk dari sumber hukum dari agama Islam yang dimana akan dilakukan penyepakatan oleh seluruh elemen yang berasal dari agama Islam.(sumber hukum islam yang telah disepakati oleh seluruh umat islam) adalah maksud dari

A. Sumber hukum Mukhtalaf

B. Sumber hukum Maslahah mursalah

C. Sumber hukum Syar'un man qoblanan

D. Sumber hukum Saddud dzari'ah

E. Sumber hukum Muttafaq

 

32. Dengan melihat Al-Qur‟an kita bisa mengetahui apa yang semestinya kita lakukan. Kita tau mana yang baik dan buruk, mana yang halal dan haram, mana yang boleh dilakukan dan mana yang dilarang. Oleh karena itu Al-Qur‟an juga di sebut Al-Furqon yang berarti

A. Penjelas

B. Penerang

C. Pembeda

D. Pencerah

E. Pemakna

 

33. Segala sesuatu yang berasal dari Nabi SAW baik berupa perkataan, perbuatan, maupun pengakuan Nabi terhadap suatu peristiwa dapat dikatakan sunah. sedangkan sesuatu yang berasal dari perkataan Nabi SAW di sebut dengan Sunnah

A. Fi‟liyah

B. Taqririyah

C. Muakad

D. Qauliyyah

E. Ab‟ad

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

34. Semua perbuatan dan tingkah laku Nabi SAW, yang dilihat dan diperhatikan oleh sahabat disebut dengan sunah

A. Fi‟liyah

B. Taqririyah

C. Muakad

D. Qauliyyah

E. Ab‟ad

 

35. Sedang yang di gali dari sikap Nabi SAW terhadap suatu kejadian (perbuatan atau perkataan sahabat) yang dilihatnya. Di namakan Sunnah

A. Fi‟liyah

B. Taqririyah

C. Muakad

D. Qauliyyah

E. Ab‟ad

 

36. Persoalan hukum islam yang baru muncul yang tidak bisa ditemukan jawabannya secara langsung didalam Al-Qur‟an dan Sunnah, Penetapan Hukum tersebut merupakan kesepakatan seluruh ulama mujtahid pada suatu perkara dalam agama, adalah pengertian dari sumber hukum

A. Qiyas

B. Hadist

C. Ijmak

D. Al-qur‟an

E. Maslahah murshalah

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

37. Ijmak yang menampilkan pendapat setiap ulama secara jelas dan terbuka, baik melalui ucapan maupun perbuatan. Hukum yang ditetapkannya bersifat qat‟i sehingga umat wajib mengikutinya, pernyataan ini merupakan maksud dan arti dari ….

A. Ijmak Sarih

B. Ijma‟ qath‟i

C. Ijma‟ dzanni

D. Ijma‟ bayani

E. Ijmak Sukuti

 

38. Sebagian mujtahid mengatakan pendapatnya mengenai hukum suatu peristiwa melalui perkataan atau perbuatan, sedangkan mujtahid lainnya tidak memberikan tanggapan apakah ia menerima atau menolak, ijma‟ini bersifat zan dan tidak mengikat adalah

A. Ijmak Sarih

B. Ijma‟ qath‟i

C. Ijma‟ dzanni

D. Ijma‟ bayani

E. Ijmak Sukuti

 

39. Islam memiliki beberapa sumber hukum yang dijadikan sebagai pedoman dalam mengambil keputusan atas suatu perkara yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu sumber hukum tersebut mengukur suatu atas sesuatu yang lain, dan kemudian menyamakan antara keduanya hukum tersebut ialah

A. Qiyas

B. Hadist

C. Ijmak

D. Al-qur‟an

E. Maslahah murshalah

Pembahasannya ada dibawah sendiri!!!

 

40. Berpaling pada sesuatu masalah dari sesuatu hukum yang sama menuju hukum lain karena ada alasan yang lebih kuat”.dinamakan

A. Maslahah Mursalah

B. Istihsan

C. Urf

D. Istishab

E. Syar‟un Man Qoblana

 

Kunci Jawaban

No.

Jawaban

No.

Jawaban

No.

Jawaban

No.

Jawaban

1

D

11

E

21

A

31

E

2

E

12

B

22

B

32

C

3

C

13

A

23

D

33

D

4

C

14

D

24

A

34

A

5

B

15

A

25

A

35

B

6

E

16

B

26

C

36

C

7

E

17

A

27

A

37

A

8

D

18

C

28

A

38

E

9

A

19

A

29

E

39

A

10

D

20

E

30

B

40

B

 

Post a Comment for "SOAL PAS USHUL FIKIH KELAS 10 (X) SMA / SMK / MA SEMESTER 1 (GANJIL) DAN PEMBAHASAN"