Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOAL DIAKRONIK DAN SINKRONIK DALAM KARYA SEJARAH MAPEL SEJARAH KELAS X DAN PEMBAHASAN


MAS Khoirul- hai semua,. MasKhoirul akan berbagi Soal Sejarah Kelas 10 di Blog ini lengkap dari Semester 1 dan 2, dari BAB 1 sampai BAB 5 yaitu Kehidupan Manusia dalam Ruang dan Waktu, Kehidupan Manusia dalam Perubahan dan Berkelanjutan, Peristiwa Sejarah, Sejarah sebagai Ilmu, Peristiwa, Kisah dan Seni, Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Karya Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Sumber Sejarah dll. jadi jangan sampai ada materi Sejarah yang tertinggal untuk di baca yah Sahabat  Hari ini saya menampilkan soal dan pembahasan  tentang materi Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Karya Sejarah mapel Sejarah kelas X. semua Pembahasannya ada dibawah sendiri. Semoga artikel ini bisa jadi referensi kalian, dan selamat belajar!!!

Soal dan pembahasan latihan penilaian harian

1. Diakronis pada ilmu sejarah memiliki makna bahwa …

A. Cerita sejarah disusun dengan prinsip melebar dalam ruang dalam waktu yang terbatas

B. Topik yang dibahas di dalamnya adalah peristiwa-peristiwa yang melintasi perjalanan waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan.

C. Sejarah itu disusun dengan sangat mementingkan prosedur ilmiah agar mendekati objektifitas

D. Pelaku dan saksi sejarah berperang sangat penting dalam menentukan objektifitas suatu cerita sejarah

E. Unsur terpenting dari suatu penulisan sejarah adalah penggunaan cara-cara berpikir diakronik

Jawaban: B

 Pembahasan: Ilmu sejarah itu diakronis, artinya topik yang dibahas di dalamnya adalah peristiwa-peristiwa yang melintasi perjalanan waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan. Hal ini karena peristiwa-peristiwa yang dialami manusia itu tidak statis, melainkan dinamis; terus berkembang, berubah, berkesinambungan, dan bahkan mengalami pengulangan. Sifat dinamis peristiwa itu berakar pada kenyataan bahwa manusia sebagai pelaku dan penggerak sejarah juga pada hakikatnya dinamis. Sifat dinamis manusia menentukan sifat dinamis peristiwa-peristiwa sejarah.

 

2. Masa lampau selalu terkait dengan masa kini dan masa depan. Keterkaitan tersebut disebabkan oleh ….

A. Ketiga masa tersebut dikaitkan oleh suatu kontinuitas atau kesinambungan

B. Setiap manusia tidak bsa memutar dimensi waktu untuk kembali ke masa lampau

C. Sudah menjadi hukum alam bahwa waktu selalu bergerak maju dan tidak akan berhenti

D. Kehidupan manusia pada masa depan ditentukan oleh segala tingkah laku yang dilakukan pada masa lalu

E. Kemampuan sejarawan merekonstruksi masa lalu dapat ditampilkan pada masa kini dan masa depan

Jawaban: A

Pembahasan: peristiwa masa dulu disebabkan oleh peristiwa yang mendahuluinya, peristiwa masa sekarang disebabkan oleh peristiwa yang terjadi pada masa lalu, dan peristiwa masa depan disebabkan oleh peristiwa yang terjadi sekarang. Ada kesatuan yang integral antara masa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang, yaitu melalui hubungan sebab-akibat (kausalitas) dan saling mempengaruhi. Jadi, model diakronik merupakan model dinamis, artinya memandang peristiwa dalam sebuah trasnformasi atau gerak sepanjang waktu

 

3. Ledakan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki Jepang, pada tahun 1945. Kedua peristiwa itu menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu, dan Indonesia memanfaatkan situasi ini untuk memproklamasikan kemeredekaannya. Ditinjau dari aspek pemahaman kesejarahan, peristiwa diatas memiliki makna adanya perubahan dalam kehidupan manusia yang dapat berlangsung secara ….

A. Terencana

B. Konstan

C. Stagnan

D. Cepat

E. Lambat

Jawaban: D

Pembahasan: Awan cendawan akibat ledakan bom atom di kota Hiroshima (kiri) pada tanggal 6 Agustua dan Nagasaki (kanan), Jepang, tahun 1945. Kedua peristiwa itu menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu, dan Indonesia memanfaatkan situasi ini untuk memproklamasikan kemeredekaannya. Pemahaman kesejarahan terhadap peristiwa tersebut adalah adanya perubahan dalam kehidupan manusia yang dapat berlangsung secara cepat

 

4. Perhatikan urutan data berikut.

1. Masa praaksara

2. Masa masuk dan bekembangnya Hindu-Budha

3. Masa masuk dan bekembangnya Islam

4. Masa kekuasaan kolonialisme

5. Masa revolusi

6. Masa Orde Lama

7. Masa Orde Baru

8. Masa Reformasi

Pembagian periodesasi tersebut diatas didasarkan pada ….

A. Tahapan perkembangan kebudayaan Indonesia

B. Urutan pembahaan sistem pemeirntahan di Indonesia

C. Tahapan perkembangan sejarah Indonesia

D. Perkembangan sejarah politik Indonesia

E. Pokok-pokok pikiran tentang sejarah Indonesia

Jawaban: D

 Pembahasan: Periodisasi sejarah Indonesia:

1. Masa praaksara

2. Masa kedatangan dan perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha

3. Masa kedatangan dan perkembangan agama Islam

4. Masa kekuasaan Kolonial Barat

5. Masa pendudukan Jepang

6. Masa Revolusi

7. Masa Orde Lama

8. Masa Orde Baru

9. Masa Reformasi

 

5. Perhatikan tabel berikut.

NO

X

1

Mengkaji peristiwa pada masa tertentu

2

Perkembangan manusia dari waktu ke waktu

3

Kesinambungan antarperiode

NO

Y

1

Tidak ada konsep pebandingan

2

Kajian tidak sistematis

3

Perubahan yang terjadi pada periode awal hingga ke periode berikutnya

Beberapa hal yang menjadi lebih mudah untuk dipahami jika menggunakan konsep periodisasi, antara lain…

A. X1, X2, dan Y1

B. X1, X3, dan Y2

C. X1, X2, dan Y3

D. X2, X3, dan Y2

E. X2, X3, dan Y3

Jawaban: E

 Pembahasan: Periodisasi bertujuan membuat klasifikasi dalam sejarah sehingga akan memudahkan kita memahami peristiwa-peristiwa sejarah secara kronologis. Melalui periodisasi, kita menjadi mudah untuk memahami hal-hal yang terkait dengan:

• Perkembangan manusia dari waktu ke waktu

• Kesinambungan antarperiode

• Kemungkinan terjadinya fenomena yang berulang

• Perubahan yang terjadi dari periode awal hingga ke periode berikutnya

 

6. Mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa dan waktu tertentu dengan lebih mendalam merupakan pemahaman ilmu sejarah yang bersifat ….

A. Diakronik

B. Kronik

C. Anakronik

D. Kronologi

E. Sinkronik

Jawaban: E

 Pembahasan: Kajian sejarah secara sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu secara mendalam. Lebih lengkapnya dapat dijelaskan bahwa konsep sinkronik dalam ejarah adalah cara mempelajari atau mengkaji, pola-pola, gejala, dan karekter dari sebuah peristiwa sejarah pada masa tertentu

 

 

7. tiga tokoh pemimpin dunia yang berpengaruh pada masa Perang Dunia II. terlihat manusia sebagai unsur terpenting dalam peristiwa sejarah, yaitu …

A. Penentu batas suatu peristiwa sejarah

B. Penentu perjalanan suatu peristiwa sejarah

C. Penulis peristiwa sejarah

D. Penentu akhir suatu peristiwa sejarah

E. Penentu peranan manusia lainnya dlaam peristiwa sejarah

Jawaban: B

 Pembahasan: Berdasarkan keterangan di atas, terlihat manusia sebagai unsur terpenting dalam peristiwa sejarah, yaitu penentu suatu perjalanan peristiwa sejarah. Dalam sejarah perjalan umat manusia, peristiwa sejarah dapat menunjukkan kehidupan karena sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. Dengan memperhatikan aspek waktu, akan terlihat perubahan kehidupan manusia. Perubahan tersebut dapat berupa aspek, politik, ekonomi, soisal, dan budaya. Aspek-aspek tersebut memiliki hubungan yang aling terkati

 

8. Perhatikan data berikut.

1) Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu

2) Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola-pola, gejala dan karakter

3) Sifat kajian mendalam

4) Membahas peristiwa sejarah dalam waktu yang terus memanjang

5) Memiliki tema yang sangat pendek

Dari data di atas, yang merupakan ciri berpikir sinkronik adalah …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

Jawaban: A

 Pembahasan: asinkronik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut;

• Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu

• Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola-pola, gejala dan karakter

• Bersifat horizontal

• Tidak ada konsep perbandingan

• Cakupan kajian lebih sempit dari diakronik

• Kajiannya sistematis

• Sifat kajian mendalam

 

9. Jika seorang sejarawan ingin menyusun sejarah perekonomian bangsa Indonesia pada zaman Jepang dengan menggunakan cara berpikir sinkronik, maka hal yang perlu dilakukan adalah….

A. Membandingkan perkembangna ekonomi masa pendudukan Jepang di Indonesia dengan perkembangan ekonomi masa pendudukan Jepang di Singapura

B. Meneliti gejala atau fenomena gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia yang terjadi pada masa pendudukan Jepang

C. Meneliti dampak atau efek perekonomian masa pendudukan Jepang pada masa Reformasi

D. Faktor-faktor pendukung ekonomi Indonesia masa Pendudukan Jepang yang digali dari sejak masa Kolonial Belanda

E. Kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang merupakan warisan dari sistem ekonomi jepang masa pendudukan

Jawaban: B

Pembahasan: seorang sejarawan ingin menyusun sejarah perekonomian bangsa Indonesia pada zaman Jepang. hal yang akan dia lakukan adalah meneliti gejala atau fenomena gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia yang terjadi pada masa pendudukan Jepang itu saja, tidak ada tulisan yang membandingkan dengan kondisi ekonomi masa pendudukan Jepang di tempat lain. Jika menerapkan konsep sinkronik, sejarwan tersebut hanya akan mengamati semua yang terkait dengan masalah perekonomian tersebut secara mendalam dan terstruktur

 

 

10. Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan ….

A. Waktu yang lama untuk membuat suatu analisa

B. Sumber asli hasil wawancara dengan pelaku sejarah

C. Bantuan ilmu-ilmu sosial lainnya

D. Biaya penelitian yang besar

E. Pebandingan dengan ilmu sosial lainnya

Jawaban: C

Pembahasan: Konsep sinkronik mengutamakan penggambaran ruang linkgup yang luas dan memiliki kurun waktu yang pendek. Hal ini membuat proses analisis peristiwanya bersifat menyeluruh, tetapi dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu, dalam berpikir sinkronik, kita akan memerlukan bantuan ilmu sosial lainnya. Konsep berpikir sinkronik akna membantu kita memahami lebih dalam dan menyeluruh terhadap suatu peristiwa sejarah.

 

 

11. Perhatikan wacana berikut.

          Pada tahun 1888, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh para petani di Banten. Peristiwa pemberontakan tersebut ditulis dalam sebuah buku oleh Sartono Kartodirjo yang berjudul pemberontakan Petani Banten 1888. Fokus kajian dari buku Sartono ini para petani dengan melihat pola-pola, gejala, dan karakter sosial mereka. Menurutnya, pemberontakan petani di Banten disebabkan para petani tidak menginginkan modernitas. Selain itu, ia juga menjelaskan peran lain kaum bangsawan dan elit agama yang membantu petani melakukan perlawanan terhadap kebudayaan Barat. Namun, dalam praktiknya, para petani justru bersifat pasif dan hanya dijadikan alat oleh para bangsawan dan elit agama untuk memberontak agar tetap bepegang pada sistem tradisional.

          Konsep berpikir sejarah yang dominan digunakan dalam penulisan peristiwa sejarah tersebut adalah …

A. Sinkronik

B. Progressif

C. Kronoligis

D. Diakronik

E. Anakronik

Jawaban: A

 Pembahasan: Konsep sinkronik mengutamakan penggambaran ruang lingkup yang luas dan memiliki kurun waktu yang pendek. Hal ini membuat proses analisis peristiwanya bersifat menyeluruh, tetapi dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu, dalam berpikir sinkronik, kita akan memerlukan bantuan ilmu sosial lainnya. Konsep berpikir sinkronik akna membantu kita memahami lebih dalam dan menyeluruh terhadap suatu peristiwa sejarah

 

 

12. pelantikan B.J. Habibie sebagai presiden RI ke-3 Indonesia. Sejak dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia menjadi negara merdeka yang berdaulat untuk memilih kepala negaranya sendiri berdasarkan konstitusi. Peristiwa 17 Agustus 1945 memiliki arti yang sangat penting hingga hari ini bagi bangsa Indonesia, hingga bagi kehidupan bangsa lain di dunia. Konsep berpikir dalam ilmu sejarah terkait pemaknaan peristiwa proklamasi tersebut adalah ….

A. Perubahan lambat

B. Perubahan sepat

C. Keberlanjutan

D. Diakronik

E. Sinkronik

Jawaban: D

Pembahasan: Ilmu sejarah memiliki sifat yang diakronik, yaitu memanjang dalam waktu dalam ruang lingkup yang terbatas

 

 

13. Perhatikan data berikut.

1. Masa berburu dan meramu

2. Masa bercocok tanam

3. Masa bercocok tanam tingkat lanjut

4. Masa perundagian

Berdasarkan data tersebut, dengan mudah kita dapat memahami bahwa periodisasi sejarah yang disusun itu berdasarkan …..

A. Penggunaan peralatan sehari-hari

B. Perkembangan teknologi

C. Perkembangan jenis kekayaan alam penunjang hidup

D. Tingkat kecerdasan manusia

E. Sistem mata pencaharian

Jawaban: E

Pembahasan: 1. Masa berburu dan meramu

2. Masa bercocok tanam

3. Masa bercocok tanam tingkat lanjut

4. Masa perundagian

 

 

14. Peristiwa sejarah diwali sejak keberadaan manusia di muka bumi ini sehingga memiliki rentang waktu yang sangat panjang. Untuk mempermudah dalam mempelajari dan memahami peristiwa demi peristiwa dalam sejarah, maka diperlukan adanya …

A. Kategorisasi

B. Periodisasi

C. Diakronik

D. Sinkronik

E. Kronik

Jawaban: B

Pembahasan: Sejarah mengenal istilah periodisasi, yakni mengklarifikasi peristiwa-peristiwa sejarah dalam tahap-tahap dan pembabakan tertentu. Pembabakan waktu ini berguna untuk memudahkan memahami suatu peristiwa sejarah.

 

 

15. Pemahaman tentang periodisasi sejarah yang dibuat dan berkaitan dengan perkembangan kebudayaan secara garis besar dikenal dengan ….

A. Zaman kuno dan baru

B. Masa awal dan pertengahan

C. Zaman praaksara dan aksara

D. Zaman batu dan tulisan

E. Zaman batu dan logam

Jawaban: C

 Pembahasan: periodisasi yang akan dibuat berkaitan dengan perkembangan sejarah kebudayaan secara umum, maka dibuat periode perkembangan kebudayaan sebagai berikut:

a. Zaman praaksara yang juga disebut dengan zaman prasejarah praaksara adalah zaman yang dimulai sejak manusia belum mengenal tulisan hingga ditemukannya tulisan

b. Zaman aksara atau disebut juga dengan zaman sejarah, yaitu zaman ketika manusia sudah menenal tulisan hingga sekarang.

 Demikianlah postingan soal dan pembahasan  tentang materi Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Karya Sejarah mapel Sejarah kelas X, Semoga bermanfaat salam sukses untuk Sahabat semua. Untuk sahabat semuanya yang soal Sejarah BAB lain, bahwa di Blog ini Soal Sejarah Lengkap dari Semester 1 dan 2, dari BAB 1 sampai BAB 11, yakni Kehidupan Manusia dalam Ruang dan Waktu, Kehidupan Manusia dalam Perubahan dan Berkelanjutan, Peristiwa Sejarah, Sejarah sebagai Ilmu, Peristiwa, Kisah dan Seni, Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Karya Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Sumber Sejarah, Langkah-Langkah Penelitian Sejarah, Ciri-ciri Historiografi Tradisional, Kolonial dan Modern, Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba dengan Manusia Modern, Kehidupan Awal Manusia Indonesia, Peradaban Awal Masyarakat Indonesia dan Asia. jadi jangan sampai ada materi Sejarah yang tertinggal untuk di baca yah Sahabat semua!

Post a Comment for "SOAL DIAKRONIK DAN SINKRONIK DALAM KARYA SEJARAH MAPEL SEJARAH KELAS X DAN PEMBAHASAN "