Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MATERI SKB PEDAGOGIK TENTANG PROFESI

 MATERI SKB PEDAGOGIK TENTANG PROFESI

 


MAS Khoirul- hai semua,. Hari ini saya menampilkan materi  tentang SKB pedagogik (profesi keguruan). Maaf jika mungkin pembahasan saya tidak cocok dengan pemahaman anda. Semoga artikel ini bisa jadi referensi kalian, dan selamat belajar!!!

A. Pengertian Profesi

Profesi, mungkin kalian sudah familiar dengan kata profesi. Profesi kebanyakan disalah artikan sebuah pekerjaan biasa contohnya profesi guru, profesi ART, profesi tukang bangunan.  Sebenarnya profesi adalah suatu pekerjaan yang bersifat spesialis atau ahli dibidangnya. Diantara guru ada guru yang profesional, guru profesional itulah yang dimakan profesi guru. Diantara pekerjaan bangunan ada seorang arsitek, arsitek itulah yang dinamakan profesi.  Pada hakikatnya profesi merupakan suatu pekerjaan tertentu yang menuntut persyaratan khusus dan istimewa sehingga meyakinkan dan memperoleh kepercayaan pihak yang memerlukannya.

Secara etimologi profesi dari kata profession yang berarti pekerjaan. Professional artinya orang yang ahli atau tenaga ahli. Professionalism artinya sifat professional(Engkol, 1990).Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah profesionalisasi ditemukan sebagai berikut: Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan dan sebagainya) tertentu. Profesional adalah (1) bersangkutan dengan profesi, (2) memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya dan (3) mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya. Profesionalisasi adalah proses membuat suatu badan organisasi agar menjadi professional (Depdiknas, 2005). Maka menurut saya profesi adalah sebagai suatu bidang pekerjaan yang didasari dengan keahlian tertentu dan sudah diakui oleh masyarakat.

Pemahaman diatas mengisyaratkan bahwa sebenarnya seluruh pekerjaan apapun memungkinkan untuk berkembang menuju kepada suatu jenis model profesi tertentu. Dengan acuan syarat-syarat tertentu, maka kita dapat menandai sejauh mana sesuatu pekerjaan itu telah menunjukkan ciri-ciri yang professional. Hal yang sangat diperlukan oleh suatu profesi ialah pengakuan masyarakat atas jasa yang diberikannya

 

B. Syarat-syarat Profesi

Pekerjaan apapun bisa dikatakan profesi jika memenuhi syarat-syarat tertentu. Adapun para ahli telah memberi syarat-sayarat sebagai acuan untuk diakatakan sebagai profesi.

Menurut Syafrudin Nurdin (Syafrudin, 2005) syarat-syarat yang harus dipenui oleh suatu pekerjaan agar dapat disebut sebagai profesi, yaitu :

1. Panggilan hidup yang sepenuh waktu

2. Pengetahuan dan kecakapan atau keahlian

3. Kebakuan yang universal

4. Pengabdian

5. Kecakapan diagnostik dan kompetensi aplikatif

6. Otonomi

7. Kode etik

8. Klien

9. Berperilaku pamong

10. Bertanggung jawab, dan lain sebagainya.

 

Menurut Ahmad Tafsir (Tafsir, 1992) berpendapat bahwa pekerjaan dapat disebut sebagai profesi harus memenuhi syarat, yaitu:

1. Profesi harus memiliki suatu keahlian yang khusus.

2. Profesi harus diambil sebagai pemenuhan panggilan hidup.

3. Profesi memiliki teori-teori yang baku secara universal.

4. Profesi adalah diperuntukkan bagi masyarakat.

5. Profesi harus dilengkapi dengan kecakapan diagnostic dan kompetensi aplikatif.

6. Pemegang profesi memegang otonomi dalam melakukan profesinya.

7. Profesi memiliki kode etik.

8. Profesi miliki klien yang jelas.

9. Profesi memiliki organisasi profesi.

10. Profesi mengenali hubungan profesinya dengan bidang-bidang lain.

 

Demikian pembahasan tentang pengertian profesi  jika bermanfaat anda bisa mengeshare artikel ini keteman-teman kalian. Semoga membantu, dan terima kasih sudah berkunjung di Mas Khoirul.

Post a Comment for "MATERI SKB PEDAGOGIK TENTANG PROFESI"